Senin, 12 Juni 2017

Worksheet dan Table

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah

Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada saat ini, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi. Jadi secara langsung maupun secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti program aplikasi Microsoft Office, program ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi. Salah satu bagian dari Microsoft Office adalah Microsoft Office Excel atau disebut juga Lembar Sebar. Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melakukan perhitungan serta mengolah data berupa angka yang ada dalam tabel. Dalam Microsot Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya memiliki kegunaan tersendiri.

1.2 Perumusan Masalah
Dengan melihat latar belakang yang telah dikemukakan maka ada beberapa masalah yang akan penulis rumuskan dan akan dibahas dalam makalah ini.

1.3 Tujuan
Penulisan makalah ini dilakukan untuk memenuhi tujuan-tujuan yang diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah ilmu pengetahuan dan wawasan.





BAB II
PEMBAHASAN

MICROSOFT EXCEL 
Pengertian dan Fungsi M. Excel
  • Suatu program atau aplikasi yang berjalan di bawah sistem operasi Windows yang berfungsi untuk pengolahan angka dan data.
  • M. Excel biasa disebut dengan spreadsheet atau lembar sebar, karena memang fungsinya sebagai pengolah data dan angka.
  • Sampai dengan versi 2003, mempunyai 256 kolom yang dimulai dari huruf A sampai dengan huruf IV dan mempunyai 65536 baris.
  • M. Excel identik dengan tabel, karena tersusun atas kolom dan baris sebagai tampilan dasarnya.
  • Kolom adalah bagian vertikal dari sebuah tabel.
  • Baris adalah bagian horizontal dari sebuah tabel.
  • Range adalah kumpulan dari beberapa sel yang dibatasi oleh alamatsel (blok) tertentu.
  • Secara umum, pada saat membuka atau membuat file baru dalam Excel akan disediakan 3 buah sheet yang namanya diletakkan pada bagian kiri di bawah worksheet.
Kita dapat bekerja pada sheet mana saja dan dapat melakukan pengelolaan sheet seperti: mengganti nama sheet, menyisipkan sheet, menghapus sheet, memindahkan sheet, dan menyalin sheet.


   2.1  PENGELOLAAN WORK SHEET

1.Mengganti Nama SheetPenggantian nama sheet ke nama tertentu biasanya dapat mempercepat dan memudahkan ingatan terhadap pekerjaan yang beraneka ragam bentuk dan jenisnya. Langkah-langkahnya:
  • Aktifkan nama sheet yang akan diganti.
  • Klik kanan pada sheet kemudian pilih Rename.
  • Ketikkan nama sheet yang baru.
  • Tekan Enter.

2.Menghapus Sheet
Langkah-langkah menghapus sheet adalah:
  • Klik kanan pada sheet yang akan dihapus.
  • Pilih Delete.
Memilih Sheet dalam Workbook
Jika dipilih lebih dari satu sheet dalam sebuah workbook maka setiap perubahan yang dilakukan pada sheet yang aktif juga akan terjadi pada sheet-sheet yang dipilih. Jika diisikan data pada sheet yang aktif, maka data tersebut juga aka terisikan pada sheet-sheet lain yang dipilih. Berikut ini adalah tabel prosedur untuk memilih sheet.

Sheet yang dipilih :
Lakukanlah :
Sheet tunggal
Klik tab sheet
Sejumlah sheet yang berurutan
Klik tab sheet pertama, tekan tombol SHIFT, dan klik tab sheet terakhir
Sejumlah sheet tak berurutan
Klik tab sheet pertama, tekan tombol CTRL.dan klik tab-tab sheet lainnya
Seluruh sheet dalam sebuah workbook
Klik     sembarang    tab     sheet    dengan    tombol kananmouse, dan pilih Select All Sheets dari menu shortcut

Jadi bila dalam sebuah workbook yang dibuat tabelnya dengan format sel yang cukup rumit dan akan dibuat salinannya yang sama persis pada sheet-sheet lainnya, maka tidak perlu susah-susah membuat tabel tersebut satu persatu pada masing-masing sheet, juga tak perlu membuat tabel tersebut dalam sheet yang aktif, yang untuk selanjutnya mengcopykannya pada sheet-sheet lainnya, karena dengan cara ini harus lebih berhati-hati untuk mendapatkan sel yang sama untuk sheet yang satu dengan sheet yang lainnya. Akan tetapi, bila cukup membuat label tersebut dalam sebuah sheet aktif yang telah dibuat grup dengan sheet lain yang dikehendaki. Bila membuat grup sheet maka pada title bar(judul) workbook akan diberi tanda "(Group)".
3.Menyisipkan/Menambah Sheet Baru
Langkah-langkah menyisipkan/menambah sheet adalah:
  • Klik kanan pada sheet.
  • Pilih Insert.
  • Pada General pilih Worksheet.
  • Klik OK.

4.Menyalin Data Antar Sheet
Langkah-langkah menyalin data antar sheet adalah:
  • Klik kanan pada sheet yang berisi data.
  • Pilih Move or Copy.
  • Pilih sheet yang akan dikirimi data.
  • Klik OK.

 5 .Mengcopy dan Memindahkan Sheet
Dalam mengcopy atau memindahkan sheet, dituntut untuk lebih berhati-hati, karena perhitungan atau grafik-grafik yang didasarkan pada suatu worksheet mungkin akan menjadi error. Demikian juga bila memindahkan worksheet diantara sheet-sheet yang merujuk pada formula 3-D (baris,kolom,sheet). Boleh jadi hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Untuk mengcopy atau memindahkan sheet-sheet ke dalam workbook lainnya, ikutilah langkah-langkah berikut:
1.       Bukalah workbook yang akan digunakan untuk menampung hasil peng-copy-an atau pemindahan sheet-sheet.
2.    Lewat menu windows, aktifkan workbook yang berisi sheet-sheet yang ingin dicopykan atau dipindahkan ke workbook lain
3.       Pilih sheet-sheet yang akan dicopykan atau dipindahkan (buatlah grup sheet)
4.       Pilih perintah Move or Copy Sheet dari menu Edit untuk membuka kotak dialog Move or Copy
5.       Dalam kotak To book, tentukanlah workbook yang akan digunakan untuk menampung hasil Copy atau pemindahan sheet-sheet.
Untuk meng-copy atau memindahkan sheet-sheet ke dalam workbook baru, pilihlah New book.

1.    Dalam  kotak   Before  sheet, pilihlah  sheet  sebelum  sheet  yang  dipilih   akan disisipkan sheet-sheet yang akan dicopy-kan atau dipindahkan.
2.    Bila ingin mengcopy sheet dan bukan hanya memindahkannya saja, maka tandailah kotak periksa Create a copy.
Untuk memindahkan sheet-sheet dalam workbook yang sama, anda dapat mendrag sheet-sheet yang dipilih ke sepanjang tab-tab sheet. Sedangkan untuk mengcopynya, tekanlah juga tombol CTRL pada saat anda melakukan drag.

6.Menuliskan Data pada Excel
  • Untuk menuliskan data pada sel, dilakukan dengan cara biasa yaitu mengetikkan/memasukkan data ke dalam sel.
  • Untuk mengedit data dalam sel, sebelumnya tekan F2 pada keyboard agar kata dalam sel tidak hilang.
7.Memperlebar atau Mempersempit Kolom dan Baris
  • Untuk memperlebar dan mempersempit kolom atau baris, cukup dengan melakukan drag and drop pada kolom dan baris yang akan diperlebar/dipersempit.
  • Untuk memperlebar/mempersempit kolom dan baris sesuai dengan isi data pada sel, letakkan mouse pada perbatasan sel sampai mouse berubah bentuk menjadi +. Kemudian lakukan double klik.
 8.Memformat Data pada Excel
  • Untuk membuat tulisan berada di tengah (dalam sel yang horisontal), blok tulisan dengan semua sel yang membatasinya. Klik Merge and Center pada toolbar formating.
  • Untuk membuat tulisan berada di tengah (dalam 2 sel atau lebih secara menurun), blok tulisan dengan semua sel yang membatasinya. Klik kanan lalu pilih Format Cells→Allignment→pada Horizontal ubah menjadi Center→pada Vertical ubah menjadi Center→pada Text Control berilah tanda→OK.
  • Untuk membuat tulisan yang terdiri dari dua kata atau lebih menjadi terpisah/berada pada sel yang berbeda secara menurun, langkahnya: blok tulisan dengan sel yang membatasinya (sel yang berada di bawah tulisan)→klik kanan pilih Format Cells→Allignmet→pada Horizontal ubah menjadi Center→pada Vertical ubah menjadi Center→pada Text Control dan Wrap Text berilah tanda→OK.
  • Untuk membuat nomor urut tanpa harus menulis manual, langkahnya: tulis angka yang menjadi awal→enter lalu kembali ke sel awal→pilih menu Edit→Fill pilih Series→pada Series in pilih di antara Rows (nomor per baris) atau Columns (nomor per kolom)→pada Type pilih Linear→pada Step Value berisi nomor awal→pada Stop Value berisi nomor terakhir→klik OK.
  • Untuk memberi garis pada tabel, langkahnya: blok tabel→klik kanan pilih Format Cells→Border→pada Preset pilih Outline dan Inside→pada Line pilih style→pada border pilih garis→klik OK.
  • Untuk memberi warna pada tabel, langkahnya: blok tabel→klik kanan pilih Format Cells→Patterns→pada Color pilih warna→pada Pattern pilih pola→klik OK.
  • Untuk format penulisan angka, yaitu memberi tanda pada ribuan, langkahnya: blok sel yang berisi angka yang akan diformat→klik kanan pilih Format Cells→Number→pada Category pilih Number→tentukan angka decimal pada Decimal Places→beri tanda pada Use 1000 separator (,)→klik OK.
  • Untuk memberi simbol Rp (rupiah) pada harga, langkahnya: : blok sel yang berisi angka yang akan diformat→klik kanan pilih Format Cells→Number→pada Category pilih Currency→tentukan angka decimal pada Decimal Places→pada Symbol pilih Rp (Indonesian) →klik OK.

9.Memasukkan Formula
M. Excel sering digunakan untuk membuat lembar kerja yang banyak menggunakan perhitungan maupun pengujian isi suatu sel lembar kerja. Dalam melakukan perhitungan maupun pengujian tersebut, rumus yang banyak dipakai adalah rumus matematika, rumus statistika, dan operator logika.
Beberapa operator matematika yang sering digunakan untuk melakukan perhitungan, antara lain:
  • + (plus)        = penjumlahan
·         – (minus)       = pengurangan
  • * (kali)         = perkalian
  • / (bagi)        = pembagian
  • ^ (pangkat)   = pemangkatan
Untuk menggunakan semua fungsi di dalam Excel, kita harus mengawalinya dengan tanda sama dengan ( = ). Proses penghitungan dilakukan dengan cara mendahulukan derajat penghitungan yang lebih tinggi, yaitu perkalian dan pembagian dihitung lebih dahulu daripada penjumlahan dan pengurangan.

Menggunakan Alamat Relatif dan Absolut
Alamat sel relatif adalah alamat sel yang berisikan data formula (rumus), yakni data di dalam suatu sel yang diperoleh dengan memasukkan rumus. Data formula bila dilihat pada worksheet akan tampak berupa angka, tetapi apabila dilihat pada formula bar yang terlihat adalah rumusnya.
Alamat absolut adalah alamat sel lembar kerja yang bersifat tetap. Bila dilakukan pengopian atau pemindahan lembar kerja maka sel tersebut tidak akan bergeser (tetap pada tempatnya).

10.Membuat Teks Dengan Format Kolom
 Untuk lebih mudah dan cepat dalam membuat naskah berkolom, langkah-langkahnya adalah:
  • Blok naskah yang akan dijadikan teks dengan format kolom.
  • Klik menu Format kemudian klik Columns.
  • Pilih Preset untuk menentukan jumlah dan style kolom, atau isikan jumlah kolom yang diinginkan pada kotak Number of Columns.
  • Klik Line between untuk memberikan garis di antara kolom.
  • Untuk membuat kolom yang berbeda ukuran, klik pada kotak Width dan tentukan ukuran pada masing-masing kolom.
  • Klik OK.

2.2. PEMBUATAN DAN PENGELOLAAN TABEL

1) Membuat Tabel
1.      Menggunakan Menu Pull Down
o    Klik menu Table, klik Insert Table.
o    Isikan jumlah kolom pada kotak Number of columns.
o    Isikan jumlah baris pada kotak Number of rows.
o    Isikan lebar kolom pada kotak Column width.
o    Klik OK.

1.      Membuat Tabel dengan Toolbar Standar
o    Klik Insert Table pada toolbar standar.
o    Pilih jumlah kolom dan baris yang diinginkan dengan men-drag kotak-kotak ke kanan dan ke bawah.

1.      Membuat Tabel dengan Draw Table
o    Klik menu Table kemudian Draw Table.
o    Buatlah sebuah kotak dengan melakukan klik dan drag di tempat yang diinginkan.
o    Kemudian kita dapat membagi-bagi kotak tersebut menjadi beberapa kolom dan baris seperti menggambar tabel di buku tulis dengan bolpoin.
 2). Memperlebar atau Mempersempit Kolom dan Baris
Untuk memperlebar atau mempersempit kolom, langkahnya:
  • Letakkan penunjuk mouse (pointer) pada garis vertikal (garis kolom) yang ingin dilebarkan.
  • Pastikan pointer telah berubah bentuk.
  • Geser garis ke arah kanan atau kiri untuk memperlebar atau mempersempit kolom dengan drag.
  • Lepaskan jika telah sesuai dengan keinginan.
 Untuk memperlebar atau mempersempit baris, kita dapat melakukan metode yang sama yaitu:
  • Letakkan pointer pada garis horizontal (garis baris) pada baris yang ingin dilebarkan atau disempitkan.
  • Pastikan pointer telah berubah bentuk.
  • Geser ke atas atau ke bawah untuk memperlebar atau mempersempit baris.
  • Lepaskan jika telah sesuai dengan yang diinginkan.

3) .Menyisipkan Kolom dan Baris
Untuk menyisipkan kolom:
  • Blok kolom (tempat kolom baru).
  • Klik menu Table, lalu Insert.
  • Klik Columns to the left untuk menyisipkan kolom di sebelah kiri.
  • Klik Columns to the right untuk menyisipkan kolom di sebelah kanan.
 Untuk menyisipkan baris:
  • Blok baris (tempat baris baru).
  • Klik menu Table, lalu Insert.
  • Klik Rows Above untuk menyisipkan baris di sebelah atas.
  • Klik Rows Below untuk menyisipkan baris di sebelah bawah.
 4). Menghapus Kolom dan Baris
Untuk menghapus kolom dan baris, langkahnya:
  • Blok tabel yang akan dihapus, kemudian pilih menu Table, pilih Delete, lalu pilih pada pilihan Table (bila ingin menghapus tabel), Columns (bila ingin menghapus kolom), Rows (bila ingin menghapus baris), Cells (bila ingin menghapus sel).
  • Dapat juga dilakukan dengan cara klik kanan pada tabel lalu pilih Delete Cells. Tentukan pilihan pada Shift cells left (untuk menghapus sel sebelah kiri), Shift cells up (untuk menghapus sel sebelah atas), Delete entire row (untuk menghapus baris), Delete entire column (untuk menghapus kolom).
 5). Menggabungkan Sel (Merge Cells) dan Mengetengahkan Teks pada Tabel
Contoh tabel:
Keterangan
Kenaikan
Persentase



Th. 2000
Th. 2001
Gula
10 ton
5
4
Sagu
10 ton
5
4
Beras
14 ton
7
6,5
 Agar tabel di atas menjadi indah dan bagus, kita perlu menggabungkan sel Keterangan dengan sel di bawahnya, sel Kenaikan dengan sel di bawahnya, serta sel Persentase dengan sel kosong di kanannya.
Untuk menggabungkan sel, langkahnya:
  • Blok sel yang akan digabungkan (misalnya sel Keterangan dan sel di bawahnya).
  • Klik menu Table, klik Merge Cells.
  • Atau dapat dilakukan dengan klik kanan lalu pilih Merge Cells.
Tabelnya akan menjadi
Keterangan
Kenaikan
Persentase
Th. 2000
Th. 2001
Gula
10 ton
5
4
Sagu
10 ton
5
4
Beras
14 ton
7
6,5
 Untuk mengetengahkan teks pada tabel, langkahnya:
  • Blok teks, lalu klik kanan pilih Cell Alignment kemudian pilih bagian tengah atau Center.
 6). Memformat Tabel dengan Table AutoFormat
M. Word menyediakan berbagai bentuk format tabel yang dapat kita akses dan terapkan pada tabel yang kita buat.
Langkah-langkahnya:
  • Letakkan pointer di dalam tabel.
  • Klik menu Table, klik AutoFormat.
  • Pilih format tabel yang kita inginkan pada kotak Formats.
  • Tentukan format yang ingin kita gunakan pada Format to apply.
  • Klik OK.
Contohnya:
Keterangan
Kenaikan
Persentase
Th. 2000
Th. 2001
Gula
10 ton
5
4
Sagu
10 ton
5
4
Beras
14 ton
7
6,5


7). Melakukan Penghitungan dalam Tabel
Kita dapat melakukan berbagai macam penghitungan di dalam tabel Word dengan menggunakan rumus yang telah tersedia seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, mencari nilai minimum, nilai maksimum, dan rata-rata.
No.
Nama
Simp. Wajib
Simp. Sukarela
Total Simp.
1
Evi Purnamasari
5000
15000

2
Dwita Widy A
5000
10000

 Yang harus kita perhatikan adalah alamat sel yang ingin kita masukkan ke dalam rumus.Alamat sel adalah sesuatu yang vital dalam melakukan perhitungan data di dalam tabel sehingga kita harus betul-betul memahaminya supaya tidak terjadi kekeliruan dalam melakukan penghitungan. Bentuk rumus umum dalam penghitungan tabel adalah:
=fungsi(alamat sel)
Untuk mengisi total simpanan, kita tinggal menjumlahkan dua kolom di sebelah kirinya dengan mengikuti langkah-langkah:
  • Letakkan pointer pada sel E2 (tempat Total Simp.)
  • Pada kotak Formula terdapat =SUM(LEFT), artinya menjumlahkan kolom di sebelah kiri
  • Klik OK
Untuk mengalikan, rumus perkalian diwakili oleh tanda * (asteris). Misalnya rumus =C2*D2 pada kotak Formula. Lakukan cara yang sama untuk menghitung yang lain. Untuk mendapatkan rumus-rumus yang lain gunalan kotak Paste Function.

8). Mengupdate Tabel
Untuk mengupdate tabel, langkahnya:
  • Misalnya untuk mengganti jumlah pada penghitungan, klik kanan pilih Update field.
 9). Menyisipkan Gambar
Untuk menyisipkan gambar, langkahnya:
  • Klik menu Insert, klik Picture
  • Pilih From File
  • Pilih nama file gambar yang diinginkan
  • Klik Insert
Untuk menyisipkan Clip Art, langkahnya:
  • Klik menu Insert, klik Picture, klik Clip Art
  • Pilih (klik) gambar yang diinginkan
  • Pilih Insert Clip maka gambar akan disisipkan pada dokumen
Untuk memformat gambar, langkahnya:
  • Klik kanan pada gambar, pilih Format Picture, lalu klik Lay out.
  • Pilih In line with text, Square (teks mengelilingi gambar), Tight, Behind text (gambar ada di belakang teks/transparan), In front of text (gambar menutupi teks/ di atas teks).
 10). Mengoperasikan Toolbar Drawing dan Toolbar Picture
Untuk memunculkan toolbar, klik menu View, kemudian pilih Toolbar.Pilih toolbar yang ingin ditampilkan.
Toolbar Drawing berisikan perintah untuk memudahkan dalam menggambar objek-objek yang diinginkan. Adapun tampilan dari Toolbar Drawing adalah sebagai berikut:
  1. Draw                     : berisi menu untuk mengatur gambar yang dibuat.
  2. Select Object        : mengaktifkan gambar yang telah dibuat.
  3. AutoShapes          : berisi berbagai bentuk gambar yang dapat diakses.
  4. Line                      : menggambar garis lurus.
  5. Arrow                   : menggambar garis dengan anak panah.
  6. Rectangle             : menggambar kotak persegi empat/panjang.
  7. Oval                     : menggambar elips atau lingkaran.
  8. Text Box              : menggambar kotak dengan teks di dalamnya.
  9. Insert Word Art   : memasukkan objek Word Art.
  10. Insert Diagram     : memasukkan diagram atau grafik organisasi.
  11. Insert Clip Art      : memasukkan objek Clip Art.
  12. Insert Picture        : memasukkan gambar.
  13. Fill Color              : memberi warna isi objek.
  14. Line Color             : memberi warna garis objek.
  15. Font Color             : memberi warna font.
  16. Line Style              : memilih/mengatur style garis.
  17. Dash Style             : mengatur bentuk garis.
  18. Arrow Style          : memilih dan mengatur style anak panah.
  19. Shadow                 : mengatur/memberi bayangan objek.
  20. 3D                         : memilih bentuk/mengatur objek 3 dimensi.
Sedangkan tampilan untuk Toolbar Picture adalah:
  1. Insert Picture
  2. Color
  3. More Contrast
  4. Less Contrast
  5. More Brightness
  6. Less Brightness
  7. Crop
  8. Rotate Left 90 derajat
  9. Line Style
  10. Compress Picture
  11. Text Wrapping
  12. Format Object
  13. Set Transparent Color
  14. Reset Picture




BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif. Selain meng-calculation dengan menggunakan penggunaan Rumus dan Fungsi, Microsoft Excel 2007 juga dapat membuat data tabel yang bila di-print akan menghasilkan hasil yang sama seperti pada Microsoft Word 2007. Kita juga bisa membuat Header dan Footer pada lembaran kita, dan juga kita bisa membuat sebuah grafikdataotomatis.

3.2 Saran
Makalah Microsoft Excel 2007 ini masih jauh dari kesempurnaan. Karena itu ,saya menerima kritikan, masukan, dan saran seputar materi yang disajikan dalam makalah ini. saya harap, segala saran dan masukan akan menjadi pengayaan untuk membuat makalah selanjutnya.


1 komentar:

  1. The Best Casino Games in 2021 - DrmCD
    With over 200 충주 출장마사지 of the newest and most popular casino games, 충청북도 출장안마 online gambling is exploding in the US, 안동 출장마사지 with many betting sites 순천 출장샵 and 창원 출장안마 sites catering to

    BalasHapus