Jumat, 09 Juni 2017

Daftar Isi dan Daftar Pustaka



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah

Daftar Isi merupakan halaman penting dalam suatu karya tulis ilmiah, baik berupa makalah, skripsi, tesis, disertasi, buku, dan karya tulis ilmiah lainnya, karena dengan adanya halaman ini, memudahkan bagi pembaca untuk menemukan topik tertentu dalam sebuah karya tulis ilmiah. Selain itu, dengan Daftar Isi pula, memudahkan pembaca untuk mempelajari pokok-pokok bahasan dari sebuah karya tulis yang akan dibacanya.
Definisi Daftar pustaka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah daftar yang mencantumkan judul buku, nama pengarang, penerbit. Yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karangan atau buku dan disusun berdasarkan abjad. Daftar sendiri didefinisikan sebagai catatan sejumlah nama atau hal yang disusun berderet dari atas ke bawah.

1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah pada makalah ini adalah:
1.    Apa pengertian dari daftar isi ? 
2.    Apa pengertian dari daftar pustaka ?


  
BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Daftar Isi 

Daftar isi adalah bagian dari sebuah makalah, laporan, maupun skripsi yang menjabarkan tema pembahasan sebuah makalah halaman per halaman atau tiap bab. Peran sebuah daftar isi sangatlah penting dalam pembuatan makalah. Karena, dengan daftar isi dapat memudahkan pembaca untuk mencari topic utama atau materi apa yang dibahas dalam tiap halaman.

Karena bisa dikatakan, apabila makalah yang telah dibuat isinya sangat bagus dan berwawasan, namun ternyata di dalamnya tidak tersedia daftar isi, kami rasa itu adalah contoh makalah yang kurang baik, karena menyulitkan siapapun pembaca. Dalam membuat daftar isi, kita harus memperhatikan kaidah ataupun aturan yang berlaku agar daftar isi tersebut terlihat professional, rapih, dan memudahkan pembaca.


Contoh Daftar Isi
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhIZciBOwNMabQwNQ0baCd-LS7V1Db9Epb5bx-G-qH6TC0wrKOFvuzamHAJcjLQ5yj-61kJpKqNckRgk4DUA_Vwp75thPb_n109LmGrQYtiasenZzDR_AdK9OozhlJbpxVsKCWqgkKf47A/s400/3.jpg


Cara Membuat Daftar Isi

1. Doubel klik penggaris bar (tabs) pada angka 6
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiDFaBsinAfomC29WaCwRnZLywe1kcbcIwnM8UUMR6_ZLQFKrkisH7KwXvlboxRgOwIFJru-R7Q3PPpgXK_WAFcjdBkUjvh39sgS_Ge6eIV0tPYpd2_GO0KT64vyaSHyZragQ_KeewQu_c/s400/2.jpg

2. Pilih Leader 2…..
3. OK
4. ketik isi daftar isi kemudian di "Tab"
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoxb2DNcIw4_g27mR4TSitHPRNlPJPZKBKXoodSjTpKkyqNtA0bkcgyyNdQ5FJdoUeGsvw9UD7eYxBzJK0WqlFGhsnOW-H6Qvmj9oF1myZvPzWQaP1LcqP290Ec70zVMxHIh4ZI_YYgzQ/s400/4.jpg



2.2 Pengertian Daftar Pustaka

Daftar Pustaka merupakan daftar yang tercantum secara spesifik dari berbagai buku yang dijadikan sumber referensi baik dari buku atau karya ilmiah yang bersangkutan.

Fungsi Daftar Pustaka
1.      Sebagai salah satu cara untuk memberikan berbagai referensi yang berhubungan bagi pembaca untuk melakukan sebuah kajian lanjutan maupun kajian ulang yang berhubungan dengan tema buku tersebut.
2.      Sebagai sebuah bentuk apresiasi terhadap penulis baik penulis buku maupun karya tulis atas karyanya yang telah memberikan manfaat dan peranan terhadap penulisan sebuah buku atau karya tulis.


Peran Daftar Pustaka
a.       Sebagai penggambaran dari sumber tulisan yang diperoleh
b.      Sebagai peninjauan tentang pengetahuan, pengalaman, bahkan pertanggungjawaban penulis buku rujukan tersebut.
c.       Untuk mengantisipasi tuduhan plagiasi intelektual

Penulisan Daftar Pustaka yang diambil dari Buku
Unsur-unsur yang digunakan adalah:
a)      Nama Penulis diikuti tanda titik (.)
b)      Tahun Terbit diikuti tanda titik (.)
c)      Judul buku ditulis miring (italic) diikuti tanda titik (.)
d)     Kota penerbit diikuti tanda titik dua (:)
e)      Nama perusahaan penerbit diikuti tanda titik (.)

Contoh : Mustava Wijayakusuma. 2009. Mukjizat Air Putih. Yogjakarta: Data Media.

Hal-hal yang perlu diperhatikan:
a. Tulis nama penulis sesuai dengan huruf alfabet (A-Z).
b. Apabila nama penulis sama namun judul buku berbeda, maka dibawah nama diberi tanda garis panjang sebanyak 10 sekaligus mengurutkan tahun yang lama ketahun yang lebih baru.

Contoh: Mustava Wijayakusuma. 2009. Mukjizat Air Putih. Yogjakarta: Data Media.
                 __________. 2010. Khasiat Air Putih. Yogjakarta: Data Media.
c. Apabila mendapatkan buku dengan dua penulis, maka nama kedua penulis tersebut di tulis semua.
Contoh : Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
d. Jika nama penulis banyak (lebih dari satu orang), maka penulis utama yang dicantumkan kemudian diberi tanda koma dan diikuti dkk (dan kawan-kawan).
Contoh: Zuhdi, dkk. 2008. Cara Menulis Buku. Malang: Rena Press.

e. Jika penulis buku orang asing, maka penulisan namanya dibalik dan diikuti tanda koma. Hal ini dikarenakan nama asing meletakkan nama sendiri di belakang nama keluarga atau nama marga.
Contoh : Harrison, P. 1987. The Greening of Africa. Penguin Books: New York.

  
  
BAB III
PENUTUP

3.1     Kesimpulan

Daftar isi adalah bagian dari sebuah makalah, laporan, maupun skripsi yang menjabarkan tema pembahasan sebuah makalah halaman per halaman atau tiap bab. Peran sebuah daftar isi sangatlah penting dalam pembuatan makalah. Karena, dengan daftar isi dapat memudahkan pembaca untuk mencari topic utama atau materi apa yang dibahas dalam tiap halaman.
Daftar Pustaka merupakan daftar yang tercantum secara spesifik dari berbagai buku yang dijadikan sumber referensi baik dari buku atau karya ilmuah yang bersangkutan.



DAFTAR PUSTAKA

Fairus N.H, 2007. Mahir Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi Microsoft Word 2003. Bandung: Ganeca Exact.
Mudyahardjo, Redja. 2001. Pengantar Pendidikan Komputer. Jakarta: Rajawali Pers Tirtarahardja.
Supriyanto . 2005. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar