Senin, 12 Juni 2017

Symbol, Frame, dan Picture

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Perkembangan teknologi sangat pesatbaik dinegara maju ataupun Negara sedang berkembang. Penggunaan teknologi memungkinkan para pelajar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Termasuk penggunaan computer dan Microsoft word yang sangat erat .

1.2    Rumusan Masalah
1. Bagaimana cara membuat symbol, insert symbol pada Ms.Word Tutorial Ms.Word.
2. Bagaimana cara membuat bingkai(frame) di Ms.Word.
3. Cara memasukan gambar pada Microsoft Word(insert picture).-Tutorial Ms.Word.


  
BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Cara Membuat/Insert Symbol Pada Ms.Word-Tutorial Ms.Word

            Symbol pada Microsoft word merupakan kumpulan dari sebuah huruf,angka,tanda maupun satuan yang tidak ada pada tombol keyboard,seperti halnya symbol,alfa,beta,phi,satuan mata uang selain dollar dan lain-lain.Kadang kita merasa bingung bagaimana menuliskan  sebuah symbol karena kita tahu cara memasukan symbol pada ms.word setelah sebelumnya.
            Simbol adalah  objek flash setiap symbol yang kita buat akan masuk ke dalam library,untuk mengubah sebuah objek menjadi symbol dapat kita lakukan dengan menyeleksi objek tersebut menggunakan selection tool kemudian masuk menu insert pilih convert symbol atau dengan menekan tombol  f8 pada keyboard,maka  akan muncul tampilan dengan pilihan sebagai berikut :
1. Name untuk memberi nama symbol tersebut ang nantinya dicantumkan dalam library.
2. Type adalah sifat atau fungsi dari symbol.
3. Movie clip adalah jenis symbol yang diperlukan membuat objek animasi yang memiliki multi frame  sendiri sebagai timelinenya.Jadi symbol yang dihasilkannya bisa dimainkan secara terpisah dari movie utama.
4. Grafik adalah jenis symbol yang digunakan untuk membuat objek statis.
5. Button adalah jenis symbol yang untuk membuat tombol interaktif yang berfungsi untuk merespon mouse ketika diklik ,melewati objek atau yang lainnya.
6. Registration berfungsi untuk menentukan pusat atau titik putar objek.
            Library digunakan untuk menampilkan objek-objek yang kita import dari lingkungan flast 8 maupun objek –objek bawaan dari flast 8 itupun untuk menggunakannya dapat menekan tombol f11pada keyboard atau dari menu window pilih library,selain library terdapat juga common library yang merupakan library bawaan flash yang didalamnya terdapat  beberapa tombol,movie maupun suara yang dapat kita gunakan.
            Pada dasarnya symbol-simbol yang kita butuhkan untuk menuliskan baik satu maupun symbol lainnya sudah disediakan dalam Microsoft office word,akan tetapi kita tidak tahu dimana letak tool atau fasilitas tersebut.Untuk membuat symbol insert syimbol pada ms word ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1. setelah membuka lembar kerja  Microsoft word.
2. klik insert pada menu bar.
3. selanjutnya pada group symbols,pilih syimbol untuk memasukan symbol.
           
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4ImaD00H3Ijjiax0a6rgvqgRREm4PFBRcbC2OTE2LVNHy3gKravqpdiK6AW95icEhCWjdcsHtXdWYa6DoNZC5PWFGUvGSo2thSWxJ2LBiDbZ7qKQtwKCDSNdiWVQzHM_2Ds6vcQmUrv8/s1600/insert+symbol.jpg



Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgTHoUY59jEDF9WCsm5uKuK1d4aLkWs3ySLNxatvpUey0fBioCohLQ2gOJn_eBtCp90Ngya6F42-FP61SM91sSfsbOGNZJEJyO0Z7Twz0WY-5kgD0-Y7Hbj1FZlcTE0xFAuTaRg5uYqhyphenhyphenk/s1600/insert+symbol+ms+word.jpg4. Setelah tombol symbol diklik maka akan muncul jendela symbol.Pilih syimbol yang anda inginkan.Jika anda menemukan syimbol yang anda inginkan,klik more symbol untuk mencari symbol yang lebih banyak.















5. Scroll kebawah untuk menemukan symbol anda dan klik special character untuk penawaran symbol yang lain.


2.2 Cara Membuat Bingkai ( Frame )Di Ms Word
           Bingkai adalah kata yang identik dengan foto –foto.Fungsinya mempercantik tampilan.
·         Description: cara membuat bingkai keren di MS WordBuka lembar kerja Ms Word






·         Buka ribbon Page Layout, group menu Page Baground.Klik Page Border
·         Muncul jendela Borders and shading pada Tab Page Border



















Description: cara membuat bingkai keren di MS Word yahuud
 













·         Untuk membuat border dalam bentuk garis pilih salah satu dipilihan style kemudian atur warna pada color dan tebal garis pada width
·         Untuk memberi bingkai atau border antic,pilih art
·         Pilih pilihan di Apply to
·         Whole document : memberi border pada semua halaman document
·         This section – Firs page only : halaman pertama saja yang  diberi bingkai atau border
·         Description: cara membuat bingkai keren bangetThis section –All except firs page : seluruh halaman diberi bingkai kecuali halaman pertama.





·         Untuk Mengatur dari margin,klik options
·         Pada jendela yang muncul,isi ukuran margin Top,Bottom ,left,right dan juga pilih salah satu dari pilihan measure from Text atau edge from page









Description: cara membuat bingkai keren di MS Word gan
 






Klik Ok,Ok Lagi
Description: cara membuat bingkai keren abizz di MS WordSekarang Bingkai atau border telah berada pada halaman yang anda inginkan dan tentunya akan menjadi lebih indah dan artistic.





2.3 Cara Memasukan Gambar Pada Microsoft Word (Insert Picture )-Tutorial Ms Word
          Insert picture atau gambar di Microsoft word bertujuan memasukkan gambar lembar kerja ms word sehingga selain hanya berupa tulisan hasil kerja kita terdapat gambar-gambar merupakan pilihan yang tepat untuk menerangkan atau memperjelas hasil kerja kita  karena gambar bisa mewakili beberapa atau banyak kata sehingga lebih mudah dipahami .Memasukan gambar pada lembar kerja dimicrosoft office word tidaklah sulit karena kita hanya membutuhkan beberapa klik saja untuk menaruh gambar  pada lembar kerja ada 2 cara yang dapat dilakukan untuk memasukan gambar pada lembar kerja, yaitu cara cepat dengan melakukan copy terhadap gambar kemudian dipaste kedalam lembar kerja yang diinginkan atau juga bisa menggunakan cara sesuai dengan prosedur penggunaan microsoft office word .
Untuk memasukan gambar pada lembar kerja sesuai dengan prosedur anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :
1.bukalah lembar kerja Microsoft office word anda
2.selanjutnya klik insert  pada menu bar microsof word
3.pada kolom atau group illustrations terdapat pilihan picture,clip art shapes,smart  art dan chart.pilih picture untuk memasukan gambar.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjn2gY9q-SFV7bMQOFhopy9oH4HVbgTwUTJ5jBB9EVlFAHM6ZZaz1eFc_UMCTcKvm3r1aAH7pmHBcaRQ0RUUZpTdQvkCvH3KIGh1-zm5gQE6zocwyWs3ceHsEitfa07PLBgT-tC0tEF1b8/s1600/insert+picture.jpg
 






                                                                                              

4.selanjutnya anda akan dibawa pada dokumen atau folder dimana tempat anda menyimpan gambar yang akan dimasukkan
5.cari folder dimana gambar anda berada.kemudian pada gambar untuk menyelesaikan.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiFrfRZroHtbe-cD42JRMu7I1A3DvGSPin89cvFzsiq2A-lAMZDeQNB2phWm0E-r7aFZMp4_11Xsgrh4_IKrrU1n-hGEED_rXn3pL_V0sEHu9sMuQEAK3li0RzBHAqv6sOlOLUvtACdnzU/s1600/picture+ms+word.jpg
 









6.Selanjut ya klik insert pada menu bagian  bawah.
7.Gambar sudah selesai dimasukkan.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8OICR9s_6jIlRU2lUqwRdV0L-ONNd4ac2VDfF5vbqe9hs9ysK7FrimgrHgQIxdmdk2FFt_kl7EAmAix3TqarIAk6qzXPl8H2_LdudiUWJ6kE-7L6FR5OQ-i48bBuyuxbQ8LCsw0zshD4/s1600/insert+picture+ms+word.jpg
 








Efek Fading
Efek fading adalah efek pemudaran suatu objek.Efek ini dibagi menjadi  dua, yaitu fade in dan fade out. Fade in artinya pemudaran objek kedalam, sedangkan fade out artinya pemudaran keluar kita akan lakukan kegiatan  untuk lebih memahami efek fade out. Berikut langkah-langkahnya.
1. Aturlah stage pada panel Properties bagian tengah bawah, lalu isikan Width: 300px,Height: 150 pxdan Background Color: Hitam.
2. Tulislahkalimat “MULTIMEDIA OK”. aturlahtekstersebut height: 25, text color: hijau, font style: Arial  dantebal.
3.  Ubahlah tulisan tersebut menjadi symbol dengan tanda + berada di tengah.
4. Masukan keyframe di frame 15. Lalu laku kan pembesaran pada tulisan dengan cara klik kanan pada tulisan yang terseleksi lalu pilih scale.
5.  Masih di frame 15, seleksi tulisan tersebut kemudian aturlah warna yang terdapat dalam properties yaitu color: Alpha 0%.
6.   Kembali ke frame 1 lalu buatlah motion tweening. Lalu kopikan tulisan “MULTIMEDIA OK”.
7.  Tambahkan layer baru di atas layer 1. Lalu klik kanan  pada stage di layer 2 tersebut pilih Paste in Place. Hal ini dilakukan agar ketika terjadi pemudaran atau fading, tulisan tidak menghilang karena masih ada tulisan yang sama di layer 2.
8.  Tahap terakhir, klik kanan frame 20 lalu pilih insert frame.
9. Agar tampak lebih cool, tambah kan suara efek yang dibuat, caranya sangatlah mudah. Sebelumnya pastikan kita berada di layer 1 pada frame 1.
10. Kemudian klik menu Window > Common Libraries > Sounds, akan tampil daftarsuara yang disediakan oleh Flash, pilih satu misalnya “Beam Scan”, lalu seret suara yang dipilih tepat keatas tulisan
11. Lihatlah perubahan pada frame 1 di timeline, akan terlihat gambar gelombang suara yang merambat dari frame 1 ke frame 15. Kemudian jalankan movie tersebut.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar