Senin, 12 Juni 2017

Pivot Table

BAB 1
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Dimasa dewasa ini  yang terletak di zaman globalisasi atau jg kita sekarang kita berada di zaman teknologi  yang kita jarang sampai tergiala oleh teknologi  tetapi kita harus mampu mengikuti perkembangan teknologi sekarang ini dan masa akan datang.seperti menulis surat,makalah,buku,dan skripsi dan lain-lain dulunya di tulis dengan menisketik,yang sipatnya lambat dan sulit proses pengerjaannya dan hasil tidak terlalu baik.tetapi sekarang sudah ada namanya computer yang memiliki banyak keunggulan yaitu hasil bagus,mudah dan cepat selesainya.klaw di computer terdapat  softwere pengolah angka dan kata,pengolah angka dan kata ,pengolah angka yaitu mikrosoft excel dan kalau pengolah kata disebut Microsoft  word,sebenarnya masih banyak aplikasi lain tetapi aplikasi tadi adalah aplikasi terbaik di masa ini yang dibuat oleh perusahan Microsoft coorpion.



1.2 Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
1.Apa yang di maksud dengan table vivot?
2.Bagaimana cara mengoprasikan table pipot?




BAB II
PEMBAHASAN



2.1 Pengertian Table Vivot

Secara sederhana pipot table adalah ringkasan dari beberapa data,di ciptakan untuk memungkinkan analisis secara mudah dari data tersebut.tapitidak seperti ringkasan yag d buat secara manual dan harus mengetik satu persatu rumus statistikanya,excel vivot table sangat interaktif,setelah anda membuat satu dua data,anda akan dapat mudah mengubahnya.


2.2 Cara menjalankan Table vivot

Berikut ini adalah cara untuk menjalankan table vivot dalam Microsoft ecel .pertama  anda sudah berada d halaman microsoft excel. kedua buatlah sebuah data mentah,alias data yang masih belum di olah seperti yang saya buat di bawah ini.

Pembuatan PivotTable
·         Jalankan program Excel 2007 dan buka file latihan yang telah Anda download tersebut.File ini merupakan file contoh fiktif data-data transaksi yang terjadi pada suatu minimarket.
·         Buka sheet transaksi.
·         Pilih range data A1:F43680. Anda bisa juga menempatkan kursor pada salah satu cell yang berisi data dan kemudian menekan tombol CTRL +
·         SHIFT + *.
·         Pada ribbon, klik tab Insert dan pilih menu PivotTable | Insert PivotTable.
·         Pada dialog yang muncul, pilih New Worksheet, klik tombol OK.
·         Suatu kotak PivotTable (PivotTable Box) akan muncul pada sheet baru. Pada kotak tersebut terdapat panel daftar field (PivotTable Field List) pada posisi sebelah kanan worksheet.Gambar di bawah ini memperlihatkan tampilan PivotTable dengan enam heading field yang berasal dari range data yang Anda pilih sebelumnya.
·         Pada bagian bawah panel terdapat empat kotak area dimana Anda bisa masukkan field-field yang terdapat pada field list.Fungsi dari keempat kotak tersebut adalah sebagai berikut :
·        Report Filter : pada kotak ini field akan digunakan sebagai filter yang mempengaruhi hasil data pada PivotTable.
·        Column Labels : isi data dari field akan ditempatkan pada bagian kolom sesuai urutan.
·       Row Labels : isi data dari field akan ditempatkan  pada bagian baris sesuai urutan.
· Values : nilai field yang terdapat pada kotak ini akan ditampilkan sebagai perhitungansummary dari countsumaverage, dan lain-lain.
·         Susunlah penempatan kombinasi field sebagai berikut:
o    Field nama_kategori ditempatkan pada  kotak Column Labels.
o    Field nama_cabang ditempatkan pada kotak  Row Labels.
o    Field jumlah_unit ditempatkan pada kotak Values.
·         Perhatikan pada saat ditempatkan di kotak Values, nama field jumlah_unit akan berubah menjadiSum of jumlah_unit.Ini menunjukkan bahwa field adalah menggunakan tipe perhitungan sum (penjumlahan) dari field jumlah_unit.
·         Hasil pengaturan di atas pada area PivotTable akan terlihat seperti gambar berikut.klik untuk memperjelas gambar.

Dari gambar tersebut, kita dapat melihat betapa mudahnya melihat laporan penjualan dari tiap kategori produk pada tiap cabang.
Menambahkan Tipe Summary Baru
·         Tambahkan kembali field jumlah_unit ke kotak Value. Akan muncul field baru dengan namaSum of jumlah_unit2.
·        
Field baru ini memiliki hasil yang sama dengan field sebelumnya. Tentunya bukan ini yang kita inginkan.

·         Kembali ke area Values, klik tombol panah bawah pada field Sum of  jumlah_unit2 pilih menu value field settings
·         Pada dialog yang muncul rubah Sum menjadi Count.  Perhatikan nama field akan
Berubah menjadi count of unit_2
·         Klik tombol OK.
·         Pada area PivotTable, kita sekarang mendapatkan dua summary yang berbeda, yakni :
o    nilai total unit penjualan (sum).
o    Jumlah transaksi count




BAB III
PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Microsoft excel adalah pengolah angka,program kedua yang mendasar dalam suatu computer setelah Microsoft word,keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari hari.microsoft excel sangat  berguna untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga  bisa di catat dalam program ini.para ahli  computer menciptakannya untuk memprmudahdalam keuangan dalam kehidupan kita




DAFTAR PUSTAKA


Komputer,wahana.2010.Mengoptimalkan fungsidan formula excel 2010.jakarta:PT Excel Media komputindo.
Farhan’s  .2012 artidan pengertian dan definisi pivot chat d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar