BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dimasa dewasa ini yang terletak di zaman globalisasi atau jg
kita sekarang kita berada di zaman teknologi
yang kita jarang sampai tergiala oleh teknologi tetapi kita harus mampu mengikuti
perkembangan teknologi sekarang ini dan masa akan datang.seperti menulis
surat,makalah,buku,dan skripsi dan lain-lain dulunya di tulis dengan
menisketik,yang sipatnya lambat dan sulit proses pengerjaannya dan hasil tidak
terlalu baik.tetapi sekarang sudah ada namanya computer yang memiliki banyak
keunggulan yaitu hasil bagus,mudah dan cepat selesainya.klaw di computer
terdapat softwere pengolah angka dan kata,pengolah
angka dan kata ,pengolah angka yaitu mikrosoft excel dan kalau pengolah kata
disebut Microsoft word,sebenarnya masih
banyak aplikasi lain tetapi aplikasi tadi adalah aplikasi terbaik di masa ini
yang dibuat oleh perusahan Microsoft coorpion.
1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
1.Apa yang di maksud dengan table vivot?
2.Bagaimana cara mengoprasikan table pipot?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Table Vivot
Secara sederhana pipot table adalah ringkasan dari beberapa
data,di ciptakan untuk memungkinkan analisis secara mudah dari data
tersebut.tapitidak seperti ringkasan yag d buat secara manual dan harus
mengetik satu persatu rumus statistikanya,excel vivot table sangat interaktif,setelah
anda membuat satu dua data,anda akan dapat mudah mengubahnya.
2.2 Cara menjalankan Table vivot
Berikut ini adalah cara untuk menjalankan table vivot dalam
Microsoft ecel .pertama anda sudah
berada d halaman microsoft excel. kedua buatlah sebuah data mentah,alias data
yang masih belum di olah seperti yang saya buat di bawah ini.
Pembuatan PivotTable
·
Jalankan program Excel 2007 dan buka file
latihan yang telah Anda download tersebut.File ini merupakan file contoh fiktif
data-data transaksi yang terjadi pada suatu minimarket.
·
Buka sheet transaksi.
·
Pilih range data A1:F43680.
Anda bisa juga menempatkan kursor pada salah satu cell yang berisi data dan
kemudian menekan tombol CTRL +
·
Pada ribbon, klik tab Insert dan pilih
menu PivotTable | Insert PivotTable.
·
Pada dialog yang muncul, pilih New
Worksheet, klik tombol OK.
·
Suatu kotak PivotTable (PivotTable Box)
akan muncul pada sheet baru. Pada kotak tersebut terdapat
panel daftar field (PivotTable Field List) pada posisi sebelah
kanan worksheet.Gambar di bawah ini memperlihatkan tampilan
PivotTable dengan enam heading field yang berasal dari range
data yang Anda pilih sebelumnya.
·
Pada bagian bawah panel terdapat empat kotak
area dimana Anda bisa masukkan field-field yang terdapat pada field
list.Fungsi dari keempat kotak tersebut adalah sebagai berikut :
· Report Filter : pada kotak
ini field akan digunakan sebagai filter yang
mempengaruhi hasil data pada PivotTable.
· Column Labels : isi data
dari field akan ditempatkan pada bagian kolom sesuai
urutan.
· Row Labels : isi data dari field akan
ditempatkan pada bagian baris sesuai urutan.
· Values : nilai field yang
terdapat pada kotak ini akan ditampilkan sebagai perhitungansummary dari count, sum, average,
dan lain-lain.
·
Susunlah penempatan kombinasi field sebagai
berikut:
o
Field nama_kategori ditempatkan
pada kotak Column Labels.
o
Field nama_cabang ditempatkan pada kotak
Row Labels.
o
Field jumlah_unit ditempatkan pada kotak Values.
·
Perhatikan pada saat ditempatkan di
kotak Values, nama field jumlah_unit akan
berubah menjadiSum of jumlah_unit.Ini menunjukkan bahwa field adalah
menggunakan tipe perhitungan sum (penjumlahan)
dari field jumlah_unit.
·
Hasil pengaturan di atas pada area PivotTable
akan terlihat seperti gambar berikut.klik untuk memperjelas gambar.
Dari gambar tersebut, kita dapat melihat betapa mudahnya melihat
laporan penjualan dari tiap kategori produk pada tiap cabang.
Menambahkan Tipe Summary Baru
·
Tambahkan kembali field jumlah_unit ke
kotak Value. Akan muncul field baru dengan namaSum
of jumlah_unit2.
·
Field baru ini memiliki hasil yang sama dengan field sebelumnya. Tentunya bukan ini yang kita inginkan.
Field baru ini memiliki hasil yang sama dengan field sebelumnya. Tentunya bukan ini yang kita inginkan.
·
Kembali ke area Values, klik
tombol panah bawah pada field Sum of jumlah_unit2 pilih menu value field settings
·
Pada dialog yang muncul rubah Sum menjadi Count. Perhatikan
nama field akan
Berubah menjadi count of
unit_2
·
Klik tombol OK.
·
Pada area PivotTable, kita sekarang
mendapatkan dua summary yang berbeda, yakni :
o
nilai total unit penjualan (sum).
o
Jumlah transaksi count
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Microsoft
excel adalah pengolah angka,program kedua yang mendasar dalam suatu computer
setelah Microsoft word,keduanya saling berkaitan dalam kehidupan sehari
hari.microsoft excel sangat berguna
untuk masalah-masalah keuangan bahkan utang piutang pun juga bisa di catat dalam program ini.para
ahli computer menciptakannya untuk
memprmudahdalam keuangan dalam kehidupan kita
DAFTAR PUSTAKA
Komputer,wahana.2010.Mengoptimalkan
fungsidan formula excel 2010.jakarta:PT Excel Media komputindo.
Farhan’s .2012 artidan pengertian dan definisi pivot
chat d
Tidak ada komentar:
Posting Komentar