Jumat, 09 Juni 2017

Kop Surat dan Kolam Koran



BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
            Pada saat kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah. Terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk di penuhi. Secara tidak langsung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft word, aplikasi ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi.

1.2 Rumusan Masalah
       1.Bagaimana cara membuat cop surat pada microsoft word   ?
       2.Bagaimana cara membuat kolom surat pada microsoft word     ?
                          
 1.3  Tujuan
1. Memahami cara membuat surat pada microsoft word.      
2. Cara memehami table kolom koran di microsoft word.     





BAB II

PEMBAHASAN

 2.1 Pengertian Surat
         Surat adalah alat komunikasi yang mempergunakan bahasa tulisan diatas lembaran kertas yang sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia. Sejak zaman dahulu hingga di zaman serba modern ini, manusia tidak dapat melepaskan dirinya dari kepentingan manusia lainnya baik yang berada di sekitarnya maupun di tempat yang berjauhan .
           Zaman dahulu bentuk surat sangat sederhana, penulisan bahan atau cara mengirimkannyapun juga sangat sederhana. Dan kini zaman sudah maju dengan pesat. Sedikit demi sedikit cara lama mulai ditinggalkan. Keberadaan surat itu sendiri kini dihubungkan dengan adanya alat canggih yang bernama komputer.
         Akan tetapi, walaupun kemajuan surat menyurat telah banyak dicapai banyak dicapai dewasa ini maka ciri khas surat sebagai alat komunikasi dibanding dengan alat komunikasi lainya tetap ada. Yakni surat tetap merupakan alat komunikasi yang mempergunakan bahasa tulisan dan kertas sebagai medianya.
           Diera modern penulisan surat sebagian besar beralih menggunakan komputer karena dianggap penggunanya lebih praktis, lebih cepat, dan memiliki kelebihan dalam menyimpan arsip secara otomatis.Barangkali hanya sebagian kecil saja orang yang masing menggunakan mesin ketik biasa dan tulisan tangan,bergantung dari kebutuhan dan tujuan dari surat itu sendiri.



2.2 Cara membuat surat di microsoft word 2007

         Langkah pertama kali yang dilakukan adalah
     1.Pertama membuat cop surat pilih Insert>Table>pilih 2×1
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiGUK8W2MGpLyMskhQC7-A4SWb9C05qV1ohDCQ02UYB3eDvPXKg46qJfPNS_lU0U1LToJknbGB-xurMZBjX8WXpg1hxMlMHDSs3Zi1BrLedimzgcne27EFl9ytNQ7NFkyqH5sZIPeewVw/s320/2.png
      2.kemudian untuk memasukan gambar (logo)pilihInsert>picture akan muncul seprti ini.
 
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjBkYcM6As0cLKQp0Rami69n7weJoKE5aLBRRweytgwwXkZ4-pNTotM8V9eIJjbX1dFYVxqU9xq1bx0-TMP4rDuwIHFkuXoEz76o0_cXi4rmNl2qUXpgUceWjuHrfQGGIMm8KA5YpgJRTI/s320/3.png

3.kemudian tahap selanjutnya membuat garis pilih degsain>border
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiE_hSsUrhCCrCKtk45aTTVUU94Q4h0mguWGUqYfG2oN2iFS0lFhYZ6SREDSI9Dz1dIxoZRU9WvJ1-qSN9AxevXwzEx0muQ5VKI4qC_4iUEa-X5TiYYwzQQOK2ZiWd3f3N3hVQs_YwYfh8/s320/4.png
4.tahap selanjutnya mengisi isi surat
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjitPbqxHgESa3dxUsr5vVabp0C9Wr07Te_-5ZTdSSSEIU38s3vlJDbcNB8IgU4rSDk8kGySn5ItJziu-xN0cfAwZu48EDGgBD3_4Qm_yzWL7iqJZiLbNxM5WedZFfXFol5gdAE-wlhboc/s320/5.png
Hasilnya............
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhjPb9_T_CD7g0ziXbVBKS833AX8iPpWzrYN1NN66ig-6Iv_DszxHd5dI9Llt2ydpDHXys7awg76OTvp-eDElhquYX4nx8-GyN0tHAO1oquo09EyQEpaYoJn7KPZuuuITS2OkGOE7dpND4/s320/6.png




 
2.3 Kolom koran (columns) menggunakan microsoft word 2007
         Kolom koran adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyatakan tampilan pada sebuah naskah/halaman yang diketik yang terdiri kolom-kolom menyerupai halaman pada sebuah koran. Kolom koran terdiri dari kolom-kolom dan pembacaannya pun mulai dari kolom paling kiri kemudian kolom sebelahnya.dan ke sebelahnya lagi begitulah seterusnya.
Kenapa kolom koran digunakan pada sebuah naskah, diantaranya:
1.Memberi ruang yang lebih banyak di banding dengan menggunakan tampilan normal; dengan memanfaatkan ruang antar kolom memungkinkan naskah yang di ketik lebih banyak.
2.Memberi variasi tampilan yang berbeda di banding tampilan normal; dengan memanfaatkan ruang antar kolom maka naskah akan terlihat berbeda (sedikit lebih beda dari biasanya). Untuk catatan , tampilan variasi ini jarang digunakan pada naskah-naskah yang bersifat formal.
3.Memberi efek atau penekanan terhadap suatu naskah; dengan menampilkan naskah ke dalam kolom koranyang berbeda dari naskah yang lainnya maka perhatian orang yang melihatnya akan lebih tertuju kepada tampilan kolom koran.
  


2.4 langkah-langkah membut kolom koan sebagai berikut;
1. klik page layout-colomn-more columns
2. muncul tampilan jendela berikut
Description: Column Dialog Box
Pilihan kolom; one (satu kolom), two (dua kolom), left (dua kolomtetapi kolom kiri lebih kecil dari pada kolom kanan) dan right (dua kolom tetapi kolom kiri lebih besar dari kolom kanan).
Numbero of colomn; menentukan jumlah kolom yang akan dibuat
Line between; untuk memberi efek garis pada antar kolom
Equal colomn width; untuk memberi ruang kolom yang tidak sama besar dari jumlah kolom yang ada,misal kolom ke 1 lebih besar ke 2, kolom ke 3lebih kecil dari kolom 2.
Catatan; jika equal diaktifkan (dengan munculnya tanda centang) maka kolom di buat sama besarnya. tetapi jika equalnya tidak di centang maka muncul di bawahnya jumlah kolom 1#, 2#, 3# dan seterusnya untuk menentukan lebarnya kolom maka atur pada width sesuai yang diinginkan.
Apply to whole document; untuk menentukan apakah pembuatan kolom dilakukan untuk seluruh atau hanya pada naskah tertentu saja(untuk ini maka anda harus memblok naskah tetentu yang akan dibuatkan kolom).
3. Setelah seluruhnya selesai anda set maka klik ok.




BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
        Adapun kesimpulan yang dapat diperoleh dari program miscrosoft word adalah sebagai berikut;
1. Dapat membuat kop surat dan kolom koran di miscrosoft word
2. Memudahkan cara membuat kop surat dan kolom koran di miscrosoft word

3.2 Saran
       Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan maka dari itu penulis mengharapkan saran dari semua pihak demi perbaiakan makalah ini di masa yang akan datang.
      Mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis dan bagi seluruh pembaca amin.




DAFTAR PUSTAKA

Ahmad kusnandar, Alamsah. mk.1999. pelajaran komputer SMK. Bandung: Armico
H.M. jogiyanto. 2003. sistem teknologi informasi. Yogyakarta: Andi
Wirja, sudanta. 2002. Microsofot windows 2002 server, Jakarta: PT Gramedia.
                       




Tidak ada komentar:

Posting Komentar