BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Perkembangan yang ada diera globalisasi memang sangat
pesat, bisa dilihat dari perkembangan teknologi yang ada. Hampir sebagian besar
kita melakukan presentasi, entah itu di
sekolah, dunia bisnis, lingkungan sosial, dan lain sebagainya. Umumnya
presentasi yang memikat adalah presentasi yang memadukan unsur visual. Salah
satu software yang paling tepat untuk membuat presentasi yang memikat secara
visual adalah Powerpoint yang saat ini sudah mencapai versi 2010.
Microsoft Power Point merupakan salah satu
aplikasi milik Microsoft, selain Microsoft Word dan Microsoft Excel yang telah
banyak dikenal, ketiga aplikasi ini lazim disebut Microsoft Office. Pada
dasarnya, aplikasi Microsoft Power Point berfungsi untuk membantu kita dalam
menyajikan presentasi. Aplikasi ini menyediakan fasilitas Slide untuk
dapat menampung pokok-pokok pembicaraan atau point-point yang akan
disampaikan kepada pemirsa atau pendengar, dengan fasilitas animation,
suatu slide dapat dimodifikasi dengan menarik. Dengan begitu persentasi
yang dilakukan akan lebih menarik dan tidak terlalu monoton.
Karena hal itulah pada makalah ini kami akan membahas
tentang bagaimana caranya mendesign dan menampilkan power poin untuk membuat
presentasi yang dilakukan menjadi semakin menarik, menyenangkan dan efektif.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Apakah
pengertian Ms. Powerpoint itu?
2.
Bagaimana
cara membuat Ms Powerpoint ?
3.
Bagaimana
cara mendesign Ms Power Point?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Microsoft Power Point
Microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam
menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional dan juga mudah. Microsoft
Power Point akan membantu sebuah gagasan membantu sebuah gagasan lebih menarik
dan jelas tujuannya jika dipresentasikan. Selain itu, Microsoft Power
Point juga merupakan salah satu program
presentasi yang banyak digunakan orang untuk mempresentasikan slidenya.
Aplikasi
Microsoft Power Point ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskin dan Dennis Austin
sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian
mereka ubah namanya menjadi Power Point.
Tampilan awal powerpoint
Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya
adalah Apple Macintosh. PowerPoint kala itu masih menggunakan warna
hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk
transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru
dari Power Point muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke
pasaran.
Microsoft pun mengakui sisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan
harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0)
muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft
Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang
tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System
(kecuali Basic Edition).
2.2 Membuka
Program Microsoft Power Point
Untuk membuka program Microsoft Power Point langkahnya adalah sebagai
berikut:
1. Klik tombol Start,
2.
pilih All
Program,
3.
pilih
Microsoft Office,
Membuat Dokumen Baru, ada beberapa langkah untuk membuat dokumen baru pada
Microsoft Power Point yaitu:
- Klik Office Button >
New
- Pada kotak dialog yang
muncul, pilih > Blank dan Recent >Blank Presentation > lalu tekan
tombol Create.

- Kemudian akan muncul
jendela presentasi di layar monitor anda.

- Anda bisa menambahkan
beberapa teks layaknya sebuah judul laporan.

- Kemudian cobalah tambahkan slide kedua pada
lembar kerja anda, pilih New Slide > Title dan Content.[2]

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menyimpan dokumen, antara
lain:
- Klik logo atau tombol
Microsoft Office yang ada pada sudut kiri atas lembar kerja, kemudian
pilih Save as. Ms. Office Button>>Save As.
- Power Point Presentation,
anda dapat menyimpan dokumen yang anda buat sesuai dengan format Ms. Power
Point 2007.
- Power Point Show, anda
dapat menyimpan dokumennya yang anda buat di mana jika anda mengaktifkanny
maka akan terbuka sebagai tampilan Slide Show saja.
- Power Point 97-2003
Presentation, menyimpan copy dari presentasi yang Anda buat dengan format
yang dapat dibuka di Power Point 97-2003.
- Find Add-Ins for other
file format, anda dapat menyimpan dokumen yang Anda buat dalam bentuk file
format yang lain.
- Other Formats, membuka
dialog box Save as, untuk memilih dari semua tipe file format yang
tersebut atau memungkinkan.
Pilihan Title dan Content memungkinkan anda memasukkan file gambar, klip
media, clip art, tabel, chart dan smart ke dalam slide. Anda juga dapat memilih
berbagai opsi pilihan slide layout pada menu New Slide. Kini selesailah dokumen
sederhana dari side anda, anda bisa langsung menyimpannya dengan menekan
kombinasi Ctrl+S.[3]
Cara bekerja dengan menggunakan Microsoft Power Point.
1. Untuk
memilih format tampilan (slide layout), klik kanan pada lembar kerja
presentasi lalu sorot layout dan tulis materi pesentasi.
2. Melakukan
pengeditan teks dengan klik tab home lalu pilih pengeditan yang diinginkan
sepertia apa.
3.
Melakukan format
teks dengan klik tab format, lalu pilih format yang diinginkan.
4. Untuk
mengubah format desain seperti tema tampilan, maka klik tab design pilih tema
yang diinginkan. Jika perpaduan warna tidak sesuai yang diinginkan, ubah dengan
klik icon colors dan pilih perpaduan warna yang diinginkan.
5. Untuk
mengatur efek pemunculan slide (transisi),
klik tab Transisi lalu pilih transisi yang diinginkan. Dapat juga menambahkan
suara saat pemunculan slide, dengan klik icon sound lalu pilih suara yang
diinginkan.
6.
Jika ingin
memberikan animasi pada presentasi, klik terlebih dahulu teksbox yang ingin
diberi animasi lalu klik tab Animations dan pilih animasi yang diinginkan.
7. Untuk
melihat tayangan slide, tekan tombol F5 pada keyboard atau klik tab slide show
lalu klik icon from beginning atau from current slide. Gunakan mouse untuk
menjalankan slide dengan mengklik untuk menampilkan setiap teks yang ada.[4]
2.3 Keunggulan Microsoft Office Power Point
1.
New Slide
Berupa project, artinya sebuah
proyek pengembangan pembelajaran terdiri atas beberapa komponen yang merupakan
sejumlah file.
2.
Shapes
Shapes merupakan fasilitas menu fulldown yang tersedia untuk dipakai dalam
membuat beberapa fasilitas interaktif program pembelajaran CAI.
3.
Fasilitas
untuk melakukan link dan antar slide pada menu powerpoint.
4.
Mengenal
fasilitas backsound atau rekaman audio
Fungsi dari
fasilitas ini yaitu mampu memanggil file-file yang sudah ada di dalam
harddisk computer atau notebook anda.
5.
Mengenal
fasilitas insert movie atau rekaman video
Fungsi dari fasilitas ini sangat penting guna mempertajam penjelasan yang sedang
disampaikan oleh guru.
Setelah memahami cara bekerjanya powerpoint, selanjutnya harus mampu
membuat model pembelajaran CAI atau pembelajaran multimedia interaktif.
Beberapa syarat yang harus diperhatikan sebagai berikut:
1)
Pastikan
sudah memiliki flow chart dengan model tutorial atau model CAI lainnya
seperti drill, simulasi, atau permainan.
2)
Kemudian
harus sudah memiliki story board sesuai dengan bidang mata pelajaran
masing-masing.
3)
Pastikan
telah memiliki sebuah folder dengan MMI.
4)
Folder
tersebut harus berisi sejumlah file yang diperlukan yang akan mendukung proyek
pembelajaran.
5)
Pastikan ada
software pembangunan seperti: Macromedia Flash, Dreamwaver, Authoring,
Macromedia dan sejenisnya.
6)
Komputer atau
Notebook diinstal minimal dengan windows 2000, ME, XP, Vista ataupun windows 7.
7)
Pastikan
juga telah menginstal Microsoft office versi 98, 2000, 2003 ataupun 2007.
Microsoft PowerPoint sebetulnya dapat mengimpor beberapa file audio,
diantaranya file WAP dan MP3. Software yang digunakan dalam pemrograman
pembelajaran berbasis computer dapat dengan mudah diperoleh melalui download
pada situs-situs yang menawarkan software terbaru, termasuk software pengelolah
audio seperti audacity, software ini cukup ringan dan cara menggunakannya
setelah di unduh cukup di klik dua kali maka akan keluar.
Untuk memanfaatkan software tersebut, sebelumnya harus mempersiapkan naskah
untuk rekaman. Untuk merekam suara terlebih dahulu siapkan headset yang
dilengkapi dengan mikrofon yang sudah dipasang pada hetset atau bisa juga
menggunakan mikrofon tersendiri yang kemudian dihubungkan ke computer, di mana
masing-masing jek di pasangkan sesuai dengan pasangannya. Setelah di atur
dengan benar maka dapat langsung melakukan perekaman. Ada dua hal penting ketika menyimpan file hasil rekaman; yaitu file nama dan nama file sesuai dengan
pasangan nama file slide power point yang sudah dimiliki.[5]
Setelah file power point yang telah jadi disimpan dan ingin dicetak,
berikut langkah-langkah untuk mencetak lembar presentasi:
1.
Klik tombol
office, lalu klik print.
2.
Kotak dialog
“Print Settings” akan terbuka.
3.
Untuk
mencetak seluruh halaman presentasi, klik icon print lalu klik All.
4.
Untuk
mencetak slide yang dipilih, klik Current Slide.
5.
Jika ingin
mencetak pada slide tertentu, ketikkan slide yang ingin dicetak pada kolom
“Slide” klik icon Print.
2.4 Mendesign
Microsoft Power Point
1. Pilih
tema
Dalam PowerPoint sudah ada tema bawaan yang bisa kita
pilih. Kita mulai saja dengan memakai tema yang ada. Kita akan memilih tema
yang simpel tapi elegan. Ada 3 hal yang akan kita sesuaikan dalam tema ini,
yaitu desain, warna, dan huruf. Caranya,
a.
klik tab Design
>> klik panah ke bawah di dalam kolom Themes >> pilih tema
yang akan digunakan. Dalam latihan ini kita pakai Slate.
b.
Untuk
mengubah kombinasi warna, masih di tab Design >> di kolom Variants
pilih kombinasi warna yang ingin digunakan.
c.
Untuk
mengubah kombinasi huruf, masih di tab Design >> pada kolom Variants
klik tanda panah paling bawah. Akan muncul area baru yang berisi beberapa
pilihan. Klik Fonts >> pilih huruf yang ingin digunakan. Pada
latihan ini kita memilih Arial Black-Arial.
Dengan
demikian tema pilihan kita sudah siap. Tema inilah yang akan kita gunakan pada
keseluruhan slide.
2.
Menambahkan dan Memformat Teks
Untuk menambahkan dan memformat
teks, kita dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut :

1. Setelah slide terbuka, klik kotak yang tersedia dengan
tulisan “ Click to add title” untuk menulis judul presentasi dan ganti dengan
tulisan yang akan kita buat.
2. Untuk memformat teks kita dapat lakukan dengan cara
blok teks terlebih dahulu, lalu format teksnya bisa kita ganti hurufnya, ukuran
hurufnya, ketebalan dan yang lain-lainnya.
3. Selanjutnya pada kotak subtitlenya pun caranya sama
dengan dia atas.
Biasanya
dalam menulis file presentasi kita juga harus memformat paragraf, bullets,
numbering, dan spasi. Untuk memformatnya sama seperti kita memformat file di
Ms. Word.
3.
Menyisipkan Clip Art dan Picture
Untuk menyisipkan Picture dan Clip
Art kita dapat menggunakan langkah-langkah sebagai berikut :
a)
Klik menu
Insert > pilih Picture atau Clip Art
b)
Lalu pilih
gambar yang kita inginkan, setelah itu atur dan format gambarnya sesuai keinginan
kita agar presentasi yang ditampilkan akan semakin menarik
4.
Berkreasi dengan timeline
Salah satu slide yang kadang hanya
ditampilkan menggunakan list adalah timeline perusahaan atau
titik penting dalam perjalanan perusahaan. Kita akan berkreasi memanfaatkan SmartArt
yang ada dalam PowerPoint. Caranya;
a.
klik tab Insert
>> klik SmartArt
b.
Pada jendela
baru SmartArt >> pilih Process >> di kolom kanan pilih Basic
Chevron Process >> Klik Ok
Saatnya mengatur tampilan.
a.
Klik gambar
>> kemudian klik tab Design
b.
Klik Change
Colors >> kemudian pilih kombinasi warna yang ingin digunakan.
c.
Isi ke dalam
bagian gambar masing-masing 2007, 2009, 2011, dan 2014.
d.
Atur
tampilannya di >> tab Format >> kolom Size. Set
tingginya 2.5 cm dan panjang 29 cm. Setelah itu, posisikan gambar di tengah.
e.
Tambahkan
tulisan. Gunakan Text Box.
Andapun bisa menambahkan latar dengan warna yang berbeda untuk tulisannya. Atur posisinya hingga tampak
seperti slide berikut.
5.
Memanfaatkan diagram
Diagram
adalah representasi skematik terhadap sesuatu. Jadi pada dasarnya, informasi
apapun bisa kita tampilkan dalam slide menggunakan diagram. Dalam latihan ini
kita akan berlatih membuat service process. Misalnya proses servis kita
ada empat, yaitu research, copy, design, dan slide. Sebenarnya, dalam SmartArt
sudah tersedia banyak pilihan diagram. Tapi, kali ini kita akan berlatih
membuat diagram memanfaatkan Chart. Caranya,
1.
klik tab Insert >> klik Chart
2.
Pada jendela
Chart yang terbuka, klik Pie >> kemudian sebelah kanan pilih chart
yang berbentuk donat
3.
Kemudian
klik Ok
Setelah itu,
saatnya mengubah nilai dari chart agar terbagi empat sama rata. Isi saja
masing-masing nilainya jadi 1. kemudian hapus keterangannya karena kita hanya membutuhkan
chartnya. Sekarang tambahkan dan atur teks yang kita perlukan. Caranya sama
seperti yang sebelumnya
6.
Gunakan foto
Kita pun
dapat menggunakan foto untuk membuat tampilan slide lebih menarik. Foto bisa
berasal dari koleksi pribadi, beli, atau memakai yang berlisensi CC0 (bebas
dipakai tanpa atribut) Caranya;
1.
klik tab Insert >> klik Pictures
2.
Pada jendela
baru yang terbuka silakan cari dan pilih foto yang sesuai untuk digunakan. Klik
foto >> klik Insert
3.
Atur posisi
foto di ujung kiri slide. Kamudian tambahkan segiempat yang menutupi sebagian
foto
4.
Atur gradasi
warna segiempat.
a.
Klik kanan
pada foto >> pilih Format Shape
b.
Pada jendela
baru yang muncul di kanan gambar >> klik Fill & Line (paling
kiri)
c.
Pilih Gradient
Fill >> type Linear
d.
Atur Gradient
Stops sedemikian rupa.
e.
Warna paling
kiri atur Transparency ke 100%.
f.
masukkan
teksnya.
7. Tambahkan
animasi
Pada dasarnya semua slide bisa ditambahkan animasi.
Slide yang cocok menggunakan animasi misalnya yang isinya berisi daftar. Kita
bisa menampilkan isinya satu per satu sesuai dengan pembicaraan kita. Caranya,
a.
klik Animations
>> klik Animation Pane
b.
ambahkan
animasi ke poin-poinnya. Untuk menambah animasi, klik teks atau gambarnya.
c.
Kemudian,
masih di tab Animasi >> pilih Fly In
d.
Klik Effect
Option >> pilih From Left
e.
Jadi, gambar
akan masuk dari kiri. Start atur On Click.
Setelah itu,
kita membuat animasi untuk teks di sebelahnya menggunakan Wipe.
1.
Klik Teks
>> pada tab Animations klik Wipe
2.
Klik Effect
Option >> pilih From Left
3.
Atur Start
menjadi After Previous
4.
Teks akan
bergerak dari kiri secara otomatis setelah animasi yang pertama selesai.
8.
Menambahkan File Sound (Musik) dan Video pada
Slide
Untuk menambahkan file Musik dan
Video dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.
Pilih menu
Insert
2.
Pilih dan
klik Media Clips, klik Sound jika kita akan menambahkan file musik, dan Movie
jika akan menambahkan file Video.
3.
Cari file
yang akan kita sisipkan lalu klik OK
4.
Selanjutnya
powerpoint akan menampilkan pilihan untuk menjalankan file secara otomatis maka
pilih Automatically dan When Click bila kita ingin menjalankan file ketika
mouse kita klik.
5.
Kemudian
masuk pada menu Option yang berada dibawah Sound Tolls. Pada menu ini kita
dapat mengatur volume file pada Slide Show Volume, menyembunyikan file dengan
Hide During Show jika kita ingin menampilkan file berulang-ulang kita dapat
memilih Loop Until Stopped, untuk memutar file kita dapat memilih Preview.
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Microsoft Power Point adalah suatu software yang
akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional dan
juga mudah. Microsoft Power Point akan membantu sebuah gagasan membantu sebuah
gagasan lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan. Selain itu,
Microsoft Power Point juga merupakan
salah satu program presentasi yang banyak digunakan orang untuk
mempresentasikan slidenya.
Untuk membuka program Microsoft Power Point langkahnya adalah sebagai
berikut:
1. Klik tombol
Start,
2. pilih All
Program,
3. pilih
Microsoft Office,
4. dan kemudian
klik Microsoft Power Point.
Dalam Microsoft Power Point ada enam menu program dalam Microsoft Power
Point, yaitu sebagai berikut:
1. Home 4. Slide Show
2. Insert 3. Design
5. Review 6. View
3.2
Saran
Demikianlah
maklah yang dapat kami susun, semoga bermanfaat bagi pembaca dan selebihnya
kritik dan saran yang membangun senantiasa kami harapkan dari para pembaca,
agar sempurnalah makalah yang kami susun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar